Facebook Watch. Kredit: Facebook
TEMPO.CO, Jakarta - Facebook menghadirkan fitur Facebook Watch secara global. Fitur tersebut memberikan cara baru bagi pengguna untuk menemukan video menarik untuk berinteraksi dengan teman, kreator video dan sesama pengguna Facebook.
"Kami meluncurkan Watch di Amerika Serikat satu tahun lalu, untuk memudahkan orang menemukan kreator video serta program acara yang mereka sukai dan memulai percakapan seputar konten video tersebut dengan teman, sesama penggemar, dan bahkan kreatornya sendiri," ujar Head of Video Facebook Fidji Simo, Kamis, 30 Agustus 2018.
Selama setahun terakhir, kata dia, Facebook merancang fitur tersebut agar menjadi lebih sosial. Seperti misalnya membuat orang mudah melihat video yang disukai dan memudahkan kreator untuk membuat program acara yang bisa melibatkan partisipasi penonton. Juga memungkinkan postingan video pada Halaman untuk disaksikan melalui Watch.
Pembaruan tersebut telah membantu orang menemukan dan berinteraksi lebih jauh dengan konten video yang disukai, mulai dari Red Table Talk bersama Jada Pinkett Smith, acara di balik layar seputar kecantikan Huda Kattan Huda Boss, hingga pertandingan siaran langsung Major League Baseball.
"Setiap bulan, lebih dari 50 juta orang di Amerika menonton video selama satu menit di Watch dan total waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Watch telah meningkat sebanyak 14 kali lipat sejak awal tahun 2018," kata Simo.
Kini Watch tersedia bagi semua orang di seluruh dunia. Watch merupakan sebuah beranda bagi semua video yang pengguna simpan. Jika pengguna melihat video di News Feed, tapi tidak memiliki waktu untuk langsung menontonnya, pengguna dapat menyimpannya untuk ditonton nanti di Watch.
Facebook membangun sebuah pengalaman baru untuk menyaksikan video yang lebih mementingkan penonton. Dengan memberikan kemampuan memilih dan mengarahkan konten pada feed mereka sesuai minatnya.
"Anda akan menemukan pengalaman baru dalam menyaksikan video di News Feed Watch, seperti Nonton Bareng, Tayangan Perdana, dan video yang melibatkan partisipasi penonton, seperti program acara trivia terbaru, Confetti," tambah Simo. "Kami pun akan memudahkan pengguna menemukan video siaran penyelenggaraan acara besar saat acara tersebut berlangsung."
Dengan menghadirkan Watch secara global, kata Simo, juga memberikan peluang baru bagi para kreator dan penerbit di seluruh dunia. Facebook memperluas program Jeda Iklan (Ad Breaks) sehingga semakin banyak mitra yang dapat menghasilkan uang dari video mereka, dan menawarkan insights, alat, dan best practice terbaru untuk Halaman di Creator Studio.
Untuk mengakses Watch di iOS dan Android, pengguna tinggal cari ikon Watch di kolom pintasan atau bookmark 'Lainnya' di Android, iOS, atau web. Pengguna juga dapat menemukan Watch di Apple TV, Samsung Smart TV, Amazon Fire TV, Android TV, Xbox One dan Oculus TV.
"Kami sangat senang dapat menghadirkan Watch bagi semua orang di seluruh dunia, dan mengundang Anda untuk bergabung mengambil bagian dalam platform video baru kami," lanjut Simo.
Simak artikel lainnya tentang Facebook Watch di kanal Tekno Tempo.co
Comments
Post a Comment