Skip to main content

Kepala BP Batam Blak-blakan Penyebab Biaya Logistik Batam Mahal, Tak Terkait Biaya Angkutan Laut

Tribun Batam/Argianto

Ilustrasi Pengiriman Kontainer Barang dari Batam ke Singapura Tinggi

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala BP Batam, Edy Putra Irawady akhirnya blak-blakan terkait penyebab mahalnya biaya logistik Batam yang selama ini dikeluhkan para pengusaha hingga membuat wakil presiden Jusuf Kalla menjatuhkan deadline.

Edy mengatakan, mahalnya biaya logistik sebenarnya bukan karena tingginya biaya angkutan laut (sea freight).

"Mahalnya logistic cost ini karena semua barang yang dikirim ke Singapura door to door. Biaya sea freight-nya sebenarnya tak tinggi, tapi handling ke terminal, biaya penumpukan, biaya standarisasinya lebih tinggi dari biaya sea freight," kata Edy.

Ia memberi contoh. Untuk orang yang akan mengangkut barang dari Batam, barang-barang yang dikirim itu harus menginap di pelabuhan paling tidak 2 hari.

"Kita tak punya kontainernya. Jadi jadwalnya masuk ke Batam, kemudian dikirim lagi untuk certified. Baru dikirim ke Batam, diisi barangnya di Batam, baru keluar. Jadi tiga kali bolak-balik. Ini yang bikin mahal," ujarnya.

Karena itu, permintaan Wapres dalam rapat koordinasi tersebut, yakni meminta biaya logistiknya diturunkan.

Dari biaya sekarang, sekitar 714 US Dolar untuk kontainer 40 feet, turun sebesar 250 US dolar. Begitu juga untuk tarif 20 feet, dari sekitar 534 US dolar, diefisiensi sebesar 169 US dolar menjadi 365 US dolar.

"April ini kita harus kejar penurunan biaya logistik," kata Edy.

Upaya untuk mengejar target penurunan tarif logistik ini, sekarang BP Batam sedang mempercepat proses bongkar muat di pelabuhan Batuampar, dengan cara mencari Harbour Mobile Crane (HMC) dan alat pendukung lainnya.

BP Batam menggandeng Pelindo I untuk pengadaan alatnya.

Edy berharap dalam waktu dekat, alat ini sudah bisa dioperasionalkan di pelabuhan Batuampar.

"Kalau sekarang kan 1 jam bisanya 5 box. Dengan HMC ini, 1 jam bisa sampai 45 box, sehingga untuk pengantaran barang, kapal tak usah nginap lagi, pengangkutan lebih cepat, tarifnya bisa lebih murah. Selain itu, juga ada modernisasi alat di pelabuhan Batuampar," ujarnya.

BP Batam juga fokus pada pengembangan pelabuhan Batuampar. Tidak lain tujuannya, supaya pengantaran logistik bisa lebih efisien.

"Paling tidak kita kejar logistic costnya. Pengembangan ini supaya ada pilihan bagi eksportir untuk kirim barangnya, supaya bisa turunkan handling cost," kata Edy.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, dalam jangka pendek pihaknya akan mendatangkan 3 unit HMC dan beberapa peralatan pendukung lainnya ke pelabuhan Batuampar, Batam.

"Diharapkan semua ini, dalam satu bulan ada perubahan kegiatan di kepelabuhanan. Demikian juga produktivitas meningkat. Kalau sekarang 1 jam bisa 8 kontainer, nanti 1 jam targetnya 30 kontainer," kata Bambang.

Sementara untuk jangka menengah, ia mengatakan perlu waktu 1 tahun untuk mendatangkan container crane ke Batam.

"Supaya kapal 2500 TEUs bisa masuk ke Batam. Kita tak bicara pelabuhan Batuampar jadi yang terbaik, tapi sejauh mana biaya logistik bisa diturunkan. Pelabuhan Batam bisa modern," ujarnya.

Deadline hingga Akhir April

Sebelumnya, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberi tenggat waktu satu bulan hingga akhir April, biaya logistik Batam harus bisa diturunkan.

Hal ini disampaikan JK saat melakukan rapat koordinasi di ruang Marketing Center Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Saat itu, sejumlah pihak terkait ikut diundang dalam pertemuan tertutup tersebut.

"Kita baru selesai rapat bersama pak Menko, gubernur, wali kota, kepala BP. Pertama, untuk meyakinkan bahwa efisiensi di pelabuhan Batuampar bisa segera jalan. Biayanya tak lebih mahal dibanding daerah lain," kata JK kepada wartawan, Selasa (2/4/2019) siang.

Seperti diketahui, tarif logistik Batam ke Singapura memang kerap dikeluhkan pelaku usaha.

Meski jaraknya terbilang dekat, justru tarif logistik dari Jakarta-Singapura lebih murah dibanding Batam-Singapura.

Terhadap mahalnya biaya logistik Batam-Singapura ini, JK menyebut beberapa faktor penyebabnya.

"Banyak biaya-biaya yang tak perlu. Tentunya karena pelabuhan kita boleh dibilang masih situasi 30-40 tahun lalu. Cranenya masih crane biasa bukan gantry crane. Masih ada gudang-gudang yang tak dipergunakan lagi," ujarnya.

Selain itu, untuk biaya kontainernya juga masih diperiksa di Singapura.

"Saya minta diperiksa di Batam saja, sehingga semuanya menghemat. Setidaknya (tarif logistik dari Batam) tak lebih mahal daripada Tanjungpriok. Harus lebih murah dari Tanjungpriok," tegasnya. (tribunbatam.id/dewi haryati)

Comments

Popular posts from this blog

Upgrade Matrix Burger S2 K5S Firmware StarTrack SRT-5600

Satelit Indonesia update bagaimana cara update matrix burger s2 avs+ menggunakan software StarTrack SRT-5600 New HD Plus terbaru. Kini melanjutkan tips receiver parabola menggunakan berbagai firmware yang beredar yang sebelumnya sudah kita bahas mengenai Skybox A1 menggunakan firmware Star Track SRT 4200. Receiver parabola Matrix Burger S2 K5S AVS+ merupakan salah satu decoder satelit yang menggunakan chipset Montage CS8001. Sama dengan receiver Matrix Burger S2 K5S AVS+, di Indonesiapun berjejer koleksi receiver dari keluarga Skybox dari 4MB sampai combo. Percobaan penggunaan software StarTrack SRT-5600 New HD Plus di decoder Matrix Burger S2 K5S AVS+ di sarankan untuk yang sudah mengerti menangani masalah kalau terjadi hal yang tidak di inginkan seperti mode on, boot loop , hang dan lain lain serta memiliki dasar edit firmware memakai hex editor. Tanpa kemampuan itu disarankan tidak mencoba, tapi kalau ingin tahu memang harus mencoba. Ada beberapa yang perlu diperhatikan. Sama

Anak 9 Tahun di China Curhat soal Ayahnya yang Keranjingan Main Ponsel

Seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun di China menarik perhatian media sosial setelah menuliskan esai di sekolahnya. Dalam esainya itu, Xiaozhi menuliskan keluhan soal ayahnya yang keranjingan memegang ponsel.Esai yang berjudul “Ayah, aku ingin memberitahumu ini” pertama kali diposting di media sosial oleh guru sekolah Xiaozhi di platform microblogging China, Webo. Xiaozhi sendiri bersekolah di Sekolah Internasional Luoyang, di Kota Luoyang, Henan.“Ayah, setiap kali aku memintamu memeriksa PR-ku, ayah hanya perlu melihat sekali dan berkata ‘tidak buruk, sekarang mainlah,” tulis Xiaozhi, seperti dikutip dari The Straitstimes , Minggu (28/1).Dalam esai yang ditulis dengan huruf kanji itu, Xiaozhi menggambarkan bagaimana ayahnya sangat terpaku kepada ponselnya baik siang maupun malam hari. Bahkan menurutnya, ayahnya itu tidak bisa hidup tanpa memagang ponsel.“Seolah-olah ada penyedot debu di dalam ponsel yang mengisapnya masuk,” lanjutnya.Akibat kegilaan ayahnya tersebut, Xiaoz

Cara Menghapus Timeshift Receiver Parabola di Flashdisk

Satelit Indonesia update bagaimana cara membuang file timeshift di receiver parabola dengan mudah. Belakangan banyak yang mengeluh adanya file timeshift.dat muncul di flashdisk atau memori card akibat di colokkan ke receiver parabola terutama untuk yang berchipset montage. Contoh beberapa receiver yang menggunakan file timeshift seperti keluarga skybox A1, receiver K0S seperti matrix burger S2, Tanaka Jurasic dan masih banyak yang lain. Sebenarnya apa itu file timeshift dan kenapa muncul di flashdisk atau penyimpan lain saat di colokkan ke USB receiver. File timeshift bisa dibilang adalah memori virtual, gunanya untuk menyimpan data saat ada aksi tertentu. Untuk kasus di receiver, timeshift itu digunakan untuk pada saat aksi PVR atau bahasa enaknya rekaman. Jadi saat merekam, ts transfer nya digeser dan pergeseran ini butuh penyimpan makanya dibentuk file timeshift ini. Masalahnya ukuran file timeshift ini lumayan besar, dan bisa saja mengikuti ukuran ruang bebas di disk penyimp